ArtikelJuly 1, 2021Roadmap Penguatan SIDa Kota Malang

Menjadikan daerah lebih baik merupakan tujuan utama dari pemerintah daerah dan tugas spesifik bagi perangkat daerah khususnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Dalam rangka peningkatan daya saing daerah melalui pengambilan inisiatif-inisiatif berbasis inovasi dan potensi daerah maka salah satu tugas Bappeda adalah menyusun Roadmap Penguatan Sistem Inovasi Daerah atau biasa dikenal dengan Roadmap Penguatan SIDa. 

Pada siang hari ini (16/3) bertempat di Ruang Tlogomas 1 Hotel Fave Malang, Bappeda Kota Malang melakukan Focus Group Discussion (FGD) Laporan Pendahuluan Review/Monitoring Evaluasi Sistem Inovasi Daerah Kota Malang Periode 2020-2025 bersama peneliti dari SmartID, yang dihadiri oleh Peneliti Smart ID dan Pemerintah Daerah Kota Malang yang terlibat dalam Penguatan SIDa yaitu BAPPEDA, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja dan Penanaman Modal Satu Pintu, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olah Raga, Dinas PUPR Perkim, serta Bagian Pemerintahan Kota Malang. Pertemuan ini membahas koordinasi dan kesepakatan-kesepakatan antara peneliti SmartID dengan Perangkat Daerah mengenai kegiatan inovasi rencana aksi Roadmap SIDa serta melakukan adaptasi kegiatan terhadap kegiatan inovasi yang terhambat karena menghadapi Pandemi Covid-19. 

Pada kesempatan ini tim dari SmartID maupun Perangkat Daerah Kota Malang berdiskusi mengenai berbagai kegiatan inovasi rencana aksi Roadmap SIDa Kota Malang. “SIDa Kota Malang menjadi bagian yang integral dengan Rencana Induk Pembangunan Daerah (RIP Daerah) dan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan mempunyai pengaruh yang baik guna mencapai tujuan pembangunan ekonomi yang diharapkan” ujar Bapak Suhartono Winoto, S.AP, M.AP selaku peneliti SmartID. Tidak hanya membicarakan tentang pentingnya SIDa Kota Malang, pada diskusi ini seluruh pihak secara sepakat menginginkan terwujudnya konsep The Future of Malang sesuai rumusan di dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Malang Tahun 2018-2023. 

Acara ditutup dengan penyepakatan kegiatan inovasi rencana aksi Roadmap SIDa Kota Malang Tahun 2020-2025. Diharapkan dengan adanya FGD ini mampu menciptakan pemerintahan yang continuous improvement dan terwujudnya konsep The Future of Malang. (pi)