ArtikelMay 6, 2021Focus Group Discussion Dinamika Pelaksanaan SAKIP Pasca Diberlakukannya Kepmen 050-3708 bersama Pemkot Balikpapan

Proses improvement atau perbaikan berkelanjutan merupakan proses yang harus dilakukan oleh setiap pemerintah baik pusat maupun daerah cara untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan yang dicita-citakan. Update terhadap peraturan perundangan di tingkat pusat bagi pemerintah daerah merupakan...
foto artikel 2.5
foto artikel 2.4
foto artikel 2.3

Proses improvement atau perbaikan berkelanjutan merupakan proses yang harus dilakukan oleh setiap pemerintah baik pusat maupun daerah cara untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan yang dicita-citakan. Update terhadap peraturan perundangan di tingkat pusat bagi pemerintah daerah merupakan sebuah keniscayaan. Termasuk di dalamnya dinamika yang terjadi di Pemerintah Daerah semenjak berlakunya Kepmendagri 050-3708 tahun 2020.

Pada pagi hari (26/03/2021) bertempat di Ruang Rapat II Kantor Walikota Balikpapan, Tim Peneliti SmartID melakukan FGD terkait dinamika pelaksanaan SAKIP yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Balikpapan pasca berlakunya diberlakukannya Kepmendagri 050-3708 tahun 2020. Pertemuan ini merupakan sebuah momen penting bagi kedua belah pihak untuk saling sharing knowledge. Pemerintah Kota Balikpapan yang diwakili beberapa stakeholders dari Bappeda dan juga Bagian Organisasi menyampaikan kondisi terkini terkait dinamika pelaksanaan SAKIP di Pemerintah Kota Balikpapan. Tim Peneliti SmartID juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan SAKIP pasca berlakunya aturan-aturan terkini yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat.

Acara ditutup dengan penyepakatan bersama bahwa baik Tim Peneliti SmartID dan juga Pemerintah Kota Balikpapan akan terus saling bersilaturahmi dan juga berikhtiar sebaik mungkin dalam pelaksanaan penyesuaian terhadap peraturan perundangan dari Pemerintah Pusat. Hal tersebut dilakukan demi terciptanya birokrasi yang semakin baik dan tujuan serta sasaran pembangunan daerah dapat tercapai dengan optimal.