FAQ

Frequently Asked Question
bt_bb_section_bottom_section_coverage_image
1
Apa itu SmartID?

SmartID adalah platform digital yang mendukung peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan yang berfokus pada SAKIP, Reformasi Birokrasi dan Isu-Isu Pemerintahan, Pembangunan dan Kebijakan Publik. SmartID berkomitmen menjadi mitra strategis pemerintah untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia. SmartID memberikan materi pembelajaran melalui video dan pelatihan secara daring berbasis web dan mobile apps.

2
Apa saja layanan SmartID?

SmartID memiliki beberapa produk layanan untuk mendukung peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan antara lain, Pendampingan dan Penyelesaian Dokumen RPJMD, Renstra, Renja, RKPD, PK dan SKP, IKU dan IKI, Proses Bisnis (Probis), LKJIP, Reformasi Birokrasi serta Bimbingan Teknis dan Pendampingan ESAKIP

3
Apa saja media layanan SmartID?
  • Bimbingan Teknis offline dan online – Pembelajaran, Pendampingan dan Finalisasi akan dilakukan kepada seluruh peserta yang akunnya telah terdaftar dalam sistem SmartID.
  • Modul Pembelajaran- Terdiri dari modul belajar terkait dengan SAKIP, Reformasi Birokrasi dan Isu-Isu Pemerintahan, Pembangunan dan Kebijakan Publik lainnya.
  • Smart Group – Media online group untuk mendapatkan informasi terbaru yang memungkinkan para peserta untuk berdiskusi SAKIP, Reformasi Birokrasi dan Isu-Isu Pemerintahan lainnya.
  • Diskusi Online – Grup diskusi interaktif secara daring untuk membahas dan mendiskusikan materi video dan modul.
  • Video Pembelajaran- Terdiri dari ratusan video belajar terkait dengan SAKIP, Reformasi Birokrasi dan Isu-Isu Pemerintahan, Pembangunan dan Kebijakan Publik lainnya.

 

4
Apa materi pembelajaran SmartID?

Materi pembelajaran yang diberikan SmartID beragam, diantaranya : Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (Renstra), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Proses Bisnis dan masih banyak lagi materi yang akan diberikan oleh SmartID.

 

5
Siapa saja di SmartID?

SmartID diisi oleh akademisi dan praktisi yang berpengalaman dalam bidang pemerintahan dan pembangunan.

 

6
Bagaimana proses seleksi di SmartID

Proses seleksi di SmartID berbeda-beda pada setiap posisi. Sebagai contoh ketika Open Recruitment untuk posisi Assistant Research/ Researcher, setiap nama yang lolos seleksi administrasi akan melakukan tes tulis. Nama yang memiliki 15 nilai tertinggi akan lolos ke tahap selanjutnya yakni tahap wawancara. Interviewer wawancara merupakan orang-orang senior dan kompeten pada bidangnya. Setelah seleksi wawancara, pengumuman anggota lolos diberitakan melalui email ataupun WhatsApp. Setiap pelamar harus mengikuti seluruh proses seleksi dan menaati peraturan yang ada. Pelamar yang tidak menghadiri sesi wawancara dengan alasan apapun dianggap mengundurkan diri.

7
Apa saja jenis keanggotaan di SmartID

Jenis keanggotaan di SmartID dibagi menjadi 3 yakni Anggota Tetap, Calon Anggota Tetap, dan Internship. Dari segi keuangan, setiap anggota tetap berhak untuk mendapatkan gaji full setiap bulan sesuai UMR Malang dan mendapatkan insentif setiap 3 bulan sekali. Calon Anggota Tetap berhak untuk mendapatkan setengah dari UMR Malang setiap bulan dan mendapatkan insentif setiap 3 bulan sekali. Sedangkan, anggota internship berhak mendapatkan insentif setiap 3 bulan sekali. Besaran insentif dapat dilihat dari jumlah surat tugas yang dimiliki setiap anggota. Jenis keanggotaan diberikan sesuai dari hasil evaluasi kinerja yang dilakukan oleh jajaran direksi setiap 3 bulan sekali.

Ada pertanyaan? Sampaikan pertanyaanmu disini


    Hubungi Kami

    +6281-1366-5066

    Social Media

    bt_bb_section_bottom_section_coverage_image