ArtikelJuly 1, 2021Bimbingan Teknis Reviu RPJMD Kota Magelang

Proses perencanaan pembangunan daerah merupakan sebuah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemerintah daerah sebagai alat untuk mencapai tujuan pembangunan yang dicita-citakan.

Proses perencanaan pembangunan daerah merupakan sebuah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemerintah daerah sebagai alat untuk mencapai tujuan pembangunan yang dicita-citakan. Melalui dokumen RPJMD, diharapkan visi dan misi dari kepala daerah terpilih dapat diterjemahkan melalui tujuan, sasaran, strategi, dan kebijakan pembangunan. Perencanaan pembangunan daerah yang dituangkan tersebut wajib mengakomodir kebutuhan dan aspirasi dari masyarakat. 

Pada tanggal 4-5 Juni 2021 bertempat di The Rich Jogja Hotel, Daerah Istimewa Yogyakarta, Tim Peneliti SmartID bersama Pemerintah Kota Magelang melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Reviu RPJMD Kota Magelang. Bimtek ini dihadiri oleh tim penyusun dokumen Rancangan Awal RPJMD Kota Magelang 2021-2024. Dalam Bimtek ini juga hadir secara langsung Walikota dan Wakil Walikota Magelang yang turut serta dalam diskusi secara detail mengenai substansi perencanaan pembangunan Kota Magelang. Tim Peneliti SmartID bersama Pemerintah Kota Magelang berdiskusi terkait hal-hal apa saja yang perlu ditekankan dalam proses improvement dari Rancangan Awal RPJMD Kota Magelang yang telah ada. Misalnya terkait Agenda Prioritas Kepala Daerah yang perlu terus untuk dikawal melalui program pembangunan yang melekat pada perangkat daerah yang ditunjuk sebagai leading. Selain itu target-target yang telah dituangkan juga perlu diperhatikan dalam halnya untuk memacu seluruh stakeholders untuk bekerja sebaik mungkin demi kebaikan dan kesejahteraan masyakarat Kota Magelang.

Bimtek Reviu RPJMD Kota Magelang ini merupakan awal yang baik untuk proses perencanaan pembangunan Kota Magelang yang wajib untuk dikawal secara continue. Tim Peneliti SmartID dan Pemerintah Kota Magelang berkomitmen untuk terus berjalan beriringan demi mewujudkan pembangunan Kota Magelang yang lebih baik. Acara ditutup langsung oleh Walikota Magelang Bapak dr. H. Muchammad Nur Aziz, Sp.PD, K-GH, FINASIM yang mengucapkan terimakasih atas antusiasme seluruh peserta terhadap penyelenggaraan bimtek ini. Di akhir acara, Bapak Wakil Walikota Magelang KH.Drs. M. Mansyur, M.Ag juga memimpin doa untuk memohon ridho dan berkah atas dilaksanakannya bimtek, sehingga manfaat dari kegiatan ini dapat menjadi salah satu motor penggerak dalam proses pembangunan Kota Magelang. (fp)